Sarjana Jurnalistik Tak Terbatas Menjadi Wartawan

Diskusi Dosen Ilkom UIN BDG
SIAPA bilang semua lulusan jurnalistik harus menjadi wartawan? Kalau ada yang berpendapat demikian, jelas keliru. Peluang kerja jebolan jurnalistik terbuka lebar di berbagai profesi, selebar dunia kerja itu sendiri.

Bukan hanya di dunia media, tetapi juga di bidang bisnis, politik, pemerintahan, dan lainnya. Sarjana jurnalistik bukan hanya bisa menjadi wartawan, penulis, peneliti media, akademisi, dan konsultan komunikasi semata. Banyak profesi lain yang membutuhkan sarjana jebolan jurnalistik. 

“Nyaris tak ada satu pun profesi dan dunia kerja yang tidak membutuhkan sarjana jurnalistik. Bagaimana pun, orang-orang yang mengerti media dan komunikasi amatlah dibutuhkan dunia kerja mana pun,” kata Prof. Dr. H. Asep Saeful Muhtadi, MA, dalam ‘Diskusi Dwimingguan’ dosen Ilmu Komunikasi UIN Bandung, Senin, 28 Mei 2012. 

Ia juga menegaskan, jangan heran bila sarjana jurnalistik yang menjadi wartawan hanya berkisar antara 10% sampai 20% saja. Yang 80% sampai 90%-nya tersebar di berbagai perusahaan, pemerintahan, dan lembaga-lembaga strategis lainnya. 

“Kewajiban dosen-dosen jurnalistik adalah memberikan wawasan komprehensif, dan mematangkan mereka dalam penguasaan ilmu dan praktik kejurnalistikan secara memadai. Ini yang akan menjadi bekal mereka untuk terjun di profesi mana pun,” paparnya Asep. [EMH/BandungOke.Com]
1 Komentar untuk "Sarjana Jurnalistik Tak Terbatas Menjadi Wartawan"

Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
ONLY ON BOLAVADA
Info lebih lanjut silahkan hubungi operator kami:
BBM : D89CC515
No. HP : 0812-8836-2917
+6281297272374
081288362917
LINE : Bolavada
Terima Kasih
Bonus 10% All Games Bolavada
FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!!
BBM : D89CC515

Back To Top