Parameter atau Nilai Berita

Oleh Enjang Muhaemin

Ilustrasi: Net
BAGI seorang wartawan, parameter kelayakan sebuah ide atau peristiwa untuk menjadi berita bukan hanya penting, menarik, aktual, dan faktual. Tetapi jjuga memenuhi satu atau lebih nilai berita (news values).

Nyaris dapat dipastikan, semakin banyak nilai berita di dalamnya, semakin berkualitas berita tersebut. Hanya tentunya sangat tergantung pada kemampuan wartawan dalam menggali data dan mengemas beritanya.

Kendati tidak semua nilai berita ada dalam di dalamnya, namun minimalnya satu atau dua nilai berita itu harus ada. Semakin banyak unsur nilai berita yang terkandung di dalam sebuah peristiwa, kejadian, atau pendapat seseorang yang memiliki otoritas di bidangnya, semakin tinggi pula nilai dan kualitas berita.

Ada tidaknya nilai berita, baik dari sebuah ide yang dikemukakan seseorang, maupun dari sebuah peristiwa atau kejadian yang terjadi di lapangan, wartawan dapat mengukurnya dengan menggunakan parameter berikut: keluarbiasaan (unusualness), orang penting (prominence), Dampak (consequence/impact), kedekatan (proximity), pertentangan (conflict), daya tarik insani (human interest), kejutan (surprising), seks (sex), ketegangan (suspense), keanehan/ketidaklaziman, kesuksesan/prestasi, kegagalan, atau kemajuan (progress). []

6 Komentar untuk "Parameter atau Nilai Berita"

Ohhh.... begitu ya pak.... :)

pak, izin copas ya. sekalian mau tanya pak, parameter itu seperti ukuran penilaian bukan pak?

Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
ONLY ON BOLAVADA
Info lebih lanjut silahkan hubungi operator kami:
BBM : D89CC515
No. HP : 0812-8836-2917
+6281297272374
081288362917
LINE : Bolavada
Terima Kasih
Bonus 10% All Games Bolavada
FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!!
BBM : D89CC515

makasih gan buat infonya dan salam sukses

bagus bos artikelnya dan sangat menarik

Back To Top