Diskusi Urgensi Media


Bandung (MaI) -- Media memiliki fungsi sebagai kontrol sosial. Pemerintahan legislatif, yudikatif, dan eksekutif selalu menjadi sasaran hangat untuk media. Semua yang dilakukan oleh ketiga kuasa negara tersebut tak pernah luput dari perhatian media. Kontrol sosial yang dilakukan media adalah mengawasi kinerja dari tiga lembaga tersebut, jika ada keganjilan media tak akan tinggal diam untuk mengusut kasus tersebut.

Kini yang menjadi pertanyaan besar bagaimana dengan media itu sendiri, siapa yang mengawasi kerja media. Apakah media bergerak tanpa ada yang mengawasi, itulah yang menjadi kajian khusus dalam diskusi Komunitas Anak Tangga (11/5).

Menurut pemateri Enjang Muhaemin, komunitas yang konsen di bagian media harus mampu menjadi pengawas bagi kinerja media. Komunitas jangan hanya memikirkan untuk menjadi sebuah media, ada saatnya kita mencoba untuk menjadi kontrol media. Hal ini dibutuhkan berdasarkan perkembangan media saat ini. Media mainstrim yang independen sulit ditemukan dewasa ini. Keobjektivan media pun menjadi relatif.

Permasalahan yang paling kongkrit pada media saat ini adalah kepemilikan modal. Media saat ini hanya dikuasai oleh beberapa kalangan yang memiliki kekuatan modal. Hal ini sangat berpengaruh pada isi yang disampaikan media tersebut. Hal ini menjadi lebih kompleks ketika politik masuk dan membawa pengaruh besar pada pesan yang disampaikan media tersebut.

Inilah yang menjadi tugas dari komunitas yang bergerak di bidang kajian media. Mengawasi sejauh mana penyimpangan yang dilakukan oleh media terkait dengan pesan yang disampaikan dan keberpihakan media tersebut. Terkadang lembaga pengawas media yang telah ada pun masih sulit untuk bersikap independen karena penyokong dana selalu ada dibelakang mereka.

Komunitas pun tak mampu berdiri sendiri dalam mengutarakan hasil risetnya tentang pengawasan sebuah media, untuk mampu diterima oleh publik harus didukung oleh figur yang mampu dipercaya dan memperkuat argumen dari hasil riset tersebut.

Itulah yang kini harus kita perhatikan, media bukanlah satu-satunya sarana pengawasan pemerintah. Kita pun berperan aktif menjadi pengawas media dalam melakukan tugasnya.[]


Ditulis oleh REDAKSI www.maklumat-independen.com |Senin, 13 Mei 2013 10:26


1 Komentar untuk "Diskusi Urgensi Media"

Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
ONLY ON BOLAVADA
Info lebih lanjut silahkan hubungi operator kami:
BBM : D89CC515
No. HP : 0812-8836-2917
+6281297272374
081288362917
LINE : Bolavada
Terima Kasih
Bonus 10% All Games Bolavada
FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!!
BBM : D89CC515

Back To Top