Pers Sunda di Tengah Jutaan Warga Jabar

Oleh Enjang Muhaemin

PERS dan masyarakat merupakan dua hal penting yang memiliki keterkaitan. Kendati tidak selamanya memiliki hubungan yang bersifat langsung, namun keduanya diyakini mempunyai aspek sinergitas yang saling terkait.

Pers sebagai lembaga yang berfungsi sebagai media penyampai informasi,  hiburan, pendidikan, dan kontrol sosial akan menjadi tidak ada artinya ketika tidak dibaca dan diminati oleh masyarakat. Pun demikian masyarakat akan menjadi ‘buta informasi’ ketika pers dengan sejumlah fungsinya tidak berjalan sebagaimana mestinya. 

Dalam era informasi sekarang ini, peran dan fungsi pers sungguh luar biasa pentingnya.  Keberadaannya, tak ubahnya ratu dunia yang selalu dinanti dan ditunggu-tunggu kedatangannya. Tanpa kehadirannya sehari saja kerap membuat kita seperti orang buta yang tidak dapat melihat dunia. Gelap dan tidak menyenangkan.  Itulah fenomena umum tentang pentingnya pers dalam dunia global saat ini.

Namun yang menjadi persoalan, di tengah puluhan juta warga Jawa Barat yang sebagian besar masyarakatnya adalah orang Sunda,  sudahkah Pers Sunda menjadi ‘ratu informasi’ yang selalu dinanti kehadirannya dan ditunggu kabar beritanya? 
Di tengah kian ketatnya persaingan dunia pers,  benarkah media berbahasa Sunda justru kian tidak begitu berdaya? Betulkah keberadaanya sama dengan ketidakberadaannya? 
 Sejumlah tanda tanya di atas menggelitik untuk dicari jawabannya. Dalam konteks kepedulian, lembaga penelitian dan sivitas akademika yang fokus pada dunia media, tentunya dituntut memiliki tanggung jawab moral untuk melacak ‘teka-teki’ keberadaan Pers Sunda saat ini, yang konon kabarnya tengah terombang-ambing dalam ganasnya ombak besar persaingan bisnis antarmedia.[]   


1 Komentar untuk "Pers Sunda di Tengah Jutaan Warga Jabar"



Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
ONLY ON BOLAVADA
Info lebih lanjut silahkan hubungi operator kami:
BBM : D89CC515
No. HP : 0812-8836-2917
+6281297272374
081288362917
LINE : Bolavada
Terima Kasih
Bonus 10% All Games Bolavada
FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!!
BBM : D89CC515

Back To Top